17 Mei 2024

Stop Kekerasan! 6 Area Outdoor di Sekolah Ini Wajib Ada Kamera CCTV

 

CCTV Outdoor
sumber : https://www.pexels.com/photo/green-trees-between-white-concrete-buildings-2982449/

Kasus kekerasan atau bullying di sekolah saat ini semakin banyak bermunculan. Tentu hal ini harus menjadi perhatian khusus bagi orang tua maupun pihak sekolah. Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah kekerasan terjadi adalah dengan memasang CCTV outdoor di lingkungan sekolah. 


Kekerasan di sekolah bisa dialami oleh siapa saja. Sebaiknya pihak sekolah melakukan pengawasan lebih ketat demi mencegah hal tersebut terjadi. Misalnya dengan memasang kamera keamanan di berbagai area, apalagi di area outdoor sekolah yang cukup luas. 



Area Outdoor di Sekolah yang Harus Dipasangi CCTV


Sistem keamanan di sekolah sebaiknya didukung oleh teknologi canggih seperti CCTV dengan fitur terbaru. Selain pemilihan CCTV, titik lokasi pemasangan juga harus dipertimbangkan dengan cermat. Pastikan untuk memasang CCTV di tempat-tempat yang tepat sehingga fungsi pengawasan lebih optimal. 

Banyak kasus kekerasan di sekolah yang terjadi di area outdoor. Hal ini disebabkan oleh pelaku kekerasan tidak berani melakukan aksinya di dalam lingkungan sekolah seperti kelas atau ruang-ruang lain. Berikut ada beberapa titik area outdoor di sekolah yang sebaiknya dipasangi CCTV demi mencegah tindak kekerasan. 


1. Halaman Belakang Sekolah

Pertama ada halaman belakang sekolah yang sering menjadi tempat kekerasan dan bullying berlangsung. Area ini seringkali lepas dari pengawasan guru-guru maupun penjaga sekolah. Selain itu area ini juga biasanya sepi sehingga pelaku kekerasan lebih leluasa melancarkan aksinya. 

Sebaiknya halaman belakang sekolah diawasi dengan CCTV. Kamera keamanan di tempat ini bisa membantu pihak sekolah melakukan pengawasan secara menyeluruh. Jika terjadi kekerasan, pihak sekolah juga bisa langsung melakukan tindakan untuk mengatasi situasi tersebut. 

Meskipun halaman belakang sekolah tidak cukup besar, lebih baik tetap diawasi oleh CCTV. Area ini sangat rawan menjadi tempat kejadian perkara untuk kasus bullying. Apalagi jika area belakang sekolah tersebut jauh dari pandangan orang lain dan sulit diakses. 


2. Area Parkir

Selanjutnya ada area parkir kendaraan yang juga perlu diawasi oleh CCTV. Kamera keamanan di tempat ini bisa membantu pihak sekolah untuk menjaga keamanan kendaraan sekaligus mengantisipasi adanya tindak kekerasan.

Setiap sekolah biasanya memiliki area parkir yang cukup luas. Seringkali area parkir tersebut dibuat semi-outdoor dan bisa saja lepas dari penjagaan pihak sekolah. Apalagi jika sudah jam pulang sekolah dan hanya ada beberapa kendaraan tersisa. Oleh sebab itu perangkat CCTV outdoor akan sangat dibutuhkan di sini. 


CCTV Outdoor
sumber : https://www.pexels.com/photo/people-sitting-on-green-lawn-grass-while-doing-hands-up-at-daytime-1164572/


3. Lapangan Basket

Sekolah-sekolah saat ini biasanya memiliki lapangan basket yang cukup luas. Umumnya area lapangan basket ini digunakan juga untuk keperluan upacara sekolah. Meskipun biasanya berada di titik yang mudah diawasi dan terlihat oleh orang lain, namun tetap saja pemasangan CCTV dibutuhkan di area ini. 

CCTV di lapangan basket akan membantu memantau aktivitas siswa selama jam belajar berlangsung. Selain itu perangkat ini juga bisa merekam situasi di luar jam sekolah. Biasanya setelah jam sekolah usai masih ada beberapa siswa yang beraktivitas di sana dan lepas dari penjagaan pihak sekolah. 

Perangkat CCTV outdoor terbaik akan sangat membantu pihak sekolah dalam mencegah tindakan kekerasan di area lapangan basket. Khususnya di jam-jam ekstrakurikuler atau di luar jam belajar normal. 


4. Area Depan Gudang Sekolah

Jika ada gudang di sekolah maka bagian depannya perlu diawasi dengan kamera CCTV. Area gudang dan sekitarnya juga seringkali menjadi lokasi dimana kekerasan serta bullying terjadi. Apalagi jika area gudang tersebut terletak di belakang sekolah dan tidak dilalui banyak orang. 

Itulah mengapa area ini sebaiknya diawasi oleh CCTV. Selain bisa mencegah terjadinya tindak kekerasan di sekolah, kamera keamanan tersebut juga bisa menjaga keamanan area gudang. 


5. Lingkungan Dekat Toilet

Titik berikutnya yang juga perlu dipasangi CCTV adalah lingkungan dekat toilet. Beberapa sekolah membangung toilet secara terpisah sehingga bagian luar toilet adalah area outdoor. Bagian inilah yang membutuhkan CCTV demi mengantisipasi terjadinya kekerasan atau bullying

Ada banyak juga kasus bullying yang kejadiannya berlangsung di toilet. Hal ini bisa menjadi pertimbangan bagi pihak sekolah agar memasang CCTV di depan area toilet demi keamanan. 


6. Gerbang Sekolah

Pihak sekolah juga bisa memasang CCTV di area gerbang. Area gerbang sekolah adalah tempat dimana banyak orang asing dari luar sekolah yang bisa berkeliaran. Hal ini juga bisa memperbesar peluang terjadinya tindak kekerasan di area tersebut. 

Pemasangan CCTV di depan gerbang sekolah merupakan sebuah langkah penjagaan yang sangat tepat. Ada banyak kemungkinan tindak kekerasan terjadi di sana. Lebih dari itu, dari tempat ini pula sekolah bisa memantau siapa saja yang keluar masuk area sekolah. 

Sebaiknya ada lebih dari satu unit CCTV yang dipasang untuk mengawasi area gerbang sekolah. Hal ini dilakukan demi mendapat sudut pandang yang jauh lebih luas sehingga pemantauan lebih optimal. 

Pencegahan tindak kekerasan atau bullying di sekolah bisa lebih efektif dilakukan dengan memakai perangkat CCTV Hikvision AcuSense. Produk CCTV ini memiliki banyak keunggulan dan bisa menjadi pilihan CCTV outdoor terbaik untuk dipasang di sekolah. 

CCTV Hikvision AcuSense bisa memberikan hasil rekaman secara akurat. Pemakaian lebih efisien karena sudah memiliki sistem kategori untuk setiap hasil rekaman. Selain itu, produk CCTV ini juga merekam secara real time dan bisa membedakan objek manusia, kendaraan, serta objek lain dengan baik. 

Tentunya kualitas dan fitur yang dimiliki oleh CCTV outdoor Hikvision AcuSense ini akan sangat mendukung penjagaan lingkungan sekolah secara optimal. Langsung saja klik di sini untuk mengakses informasi detail produk selengkapnya. 



Sumber referensi:

  • https://muhtaramiyah.id/2022/07/06/sistem-keamanan-sekolah-dengan-menggunakan-kamera-cctv/
  • https://www.distributor-cctv.com/blog/2017/09/27/perlukah-memasang-cctv-di-lingkungan-sekolah/
  • https://www.hikvision.com/id/newsroom/blog/fungsi-cctv-di-area-full-day-school-dan-tips-pemasangannya/ 

33 komentar:

  1. Waaahh ini bener banget mbaa harus pasang CCTV di area yang sulit dijangkau orang lain, di tempat-tempat yang sepi memang rawan terjadinya bullying ya. Setuju banget nih di belakang sekolah biasanya tempatnya sepi dan jarang dilewati orang. Sayangnya dulu di sekolahku kayanya nggak ada CCTV untuk memantau siswa, biasanya di lobi aja.

    BalasHapus
  2. Sejak sekolah sepertinya memang nggak ada CCTV di sekolah, kecuali di bagian pintu gerbang utama aja, karena lupa-lupa ingat. Tapi bener juga CCTV mang wajib ada di beberapa area sekolah untuk memudahkan para guru memantau para siswa siswinya

    BalasHapus
  3. Belakang sekolah tuh udah kayak langganan banget buat tempat bullying ya. Kudu ada CCTVnya emang. Biar anak-anak mikir buat melakukan bullying ke temennya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju kak, mungkin anggapannya karena di bagian belakang sekolah gak ada yang lihat ya. Sehingga memang perlu deh di spot² penting pakai CCTV

      Hapus
  4. Jadi teringat kalau di film-film, atau di novel-novel, daerah di sekolah yang banyak digunakan untuk membuli atau bahan melakukan kekerasan pada temannya adalah di daerah Toilet atau sekitarnya. Penting juga nih CCTV di area masuk Toilet, setidaknya jadi tahu siapa yang keluar masuk di Toilet jika terjadi sesuatu tak diharapkan

    BalasHapus
  5. bener banget mba, kayak drakor tentang bullying di sekolah yang sering aku tonton, bullying tuh banyak terjadi di area belakang sekolah, pinggir sekolah yang biasa di jadikan gudang maupun lapangan basket atau bola, tapi untungnya mayoritas sekolah sekarang pada pake cctv ya mba, jadi sedikit lebih tenang

    BalasHapus
  6. Iyaaa Kak. Deket toilet emang wajib dipasang CCTV. Jangan sampai ada murid yg dibully di sana. Serem ahhh.

    BalasHapus
  7. 6 titik tersebut biasanya memang menjadi tempat rawan bullying. Selain untuk mencegah bullyinh pemakaian cctv juga bisa menjadi tambahan pengawasan untuk kemanan sekolah.

    BalasHapus
  8. Ngeri ya anak2 sekarang, memang harus ada pengawasan ketat deh biar gakkecolongan, kadang di sekolah udh aman,eh ada aja kejadian di lingkungan sekitaran sekolah ya huhu

    BalasHapus
  9. Betul, area-area tersebut wajib ada CCTV. Ini bakalan meminimalisir anak/siswa yang suka ngumpet juga (menghindari pelajaran atau bolos).

    BalasHapus
  10. Sekarang ini memasang CCTV di 6 area di atas harus dilakukan oleh sekolah-sekolah, secara bullying di sekolah harus dihilangkan. Bukannya nggak percaya sama anak2 sekolah, tapi mereka masih labil dan masih suka meniru untuk gaya-gayaan. CCTV yang dipasang juga kualitas gambarnya harus bagus.

    BalasHapus
  11. Area wajib CCTV yang memang perlu ada nih di sekolah, karena antisipasi soal tindak kejahatan apalagi perundungan memang perlu dipasang dari segala sisi.

    BalasHapus
  12. Setuju banget.. Memang perlu pemasangan cctv utk pengawasan di area2 sekolah selain untuk keamanan juga kenyamanan siswa dan segenap civitas akademika sekolah tsb

    BalasHapus
  13. Marak pembullyan emang bikin aware sih. Jadi di lorong dan koridor sekolah bahkan area outdoor perlu banget pasang cctv sekalian mantau aktifitas siswa siswi juga

    BalasHapus
  14. Efek drakor nih. Perundungan mkn sering terjadi. Eh tp ya ga bs menyalahkan drakor sih kalo moral anak2 kita blm stabil. Emg tugas semua pihak baik dr ortu, guru dan lainnya utk berperan serta memberikan pendidikan moral. Kl semua pihak bs ikut serta mengawasi, CCTV tdk diperlukan lg.

    BalasHapus
  15. Setuju sih kasih CCTV di area tersebut sama.biasanya kalo misal ada sisa ruang sempit antar bangunan atau ruangan kecil

    BalasHapus
  16. Sepakat! Keberadaan CCTV sekarang penting banget memang sebagai 'mata-mata', jadi area sekolah lebih bisa diawasi.

    BalasHapus
  17. Iya juga sih mbak. Aku berpikir bahwa justru ruangan-ruangan yang jarang dijamah oleh siswa bisa jadi tempat melakukan kejahatan, misalnya di deket toilet atau gudang. Perlu adanya CCTV agar bisa ditindak cepat

    BalasHapus
  18. Hikvision AcuSense, CCTV outdoor terbaik dengan rekaman akurat dan real time, mampu membedakan manusia, kendaraan, dan objek lain, serta memiliki sistem kategori hasil rekaman untuk memaksimalkan pencegahan tindak kekerasan di sekolah

    BalasHapus
  19. Kesimpulannya, semua area outdoor di sekolah harus dipasang CCTV berarti ya. Biar aman dan tindakan bullying bisa berkurang karena selalu terpantau.

    BalasHapus
  20. Wah setuju banget sih.. Zaman gini CCTV sepertinya harus ada di sekolah dan juga tempat umum dan rumah untuk jaga-jaga saja sih jika ada hal yang tidak diinginkan terjadi

    BalasHapus
  21. Wajib bangeeeet pasang CCTV di sekolah. Asli, ngeri lihat betapa banyaknya kasus bullying, bahkan kekerasan seksual, di sekolah.

    BalasHapus
  22. 100% agree... Gak cuma kekerasan, tindakan kriminal lain seperti narkoba dan pelecehan seksual juga. Dulu inget banget pernah nge-gap anak yang lagi narkoba dan pacaran di toilet. Anehnya kita yang liat, kita yang malu. Butuh banget ini CCTV di area-area itu.

    BalasHapus
  23. Pemasangan CCTV di area sekolah ini tentunya kudu teliti agar titik-titik rawan yang mungkin terjadinya kasus bullying dan kasus-kasus lainnya yang gak diinginkan bisa terdeteksi lebih awal sehingga gercep tertangani oleh pihak sekolah.

    BalasHapus
  24. Emang ngeri jaman sekarang. Banyak sekali terjadi kasus bullying yang ujung-ujungnya berakibat fatal. Terlebih guru tidak bisa mengontrol pergerakan murid-muridnya karena berbagai alasan. Adanya CCTV sangat membantu meminimalisir kasus-kasus di sekolah ya mbak, agar tidak terjafi lagi kekerasan di lingkungan sekolah yang merugikan semua pihak.

    BalasHapus
  25. penting banget ada cctv sekarang tuh, apalagi kelakuan anak-anak makin tak terprediksi..pasang cctv khususnya di area yang agak tertutup dan anak-anak sering nongkrong

    BalasHapus
  26. Setuju banget kalau 6 lokasi outdoor itu dipasang kamera CCTV. Dan seringnya memang area belakang gedung sekolah harus diawasi dengan benar agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

    BalasHapus
  27. Duh iya, sekarang ini agak ngeri dengan kasus perundungan di sekolah
    Makanya sekolah juga wajib punya cctv di setiap titik rawan ya mbak

    BalasHapus
  28. Di ruangan kelas dan guru juga sebaiknya dipasang CCTV secara kejahatan dan pembulian saat ini tuh bisa terjadi dimana saja
    Semakin banyak CCTV terpasang, semakin banyak kesempatan mendapatkan bukti kalau ada kasus yang tidak diinginkan

    BalasHapus
  29. Huhu iya banget, sekarang ini kok makin banyak aja ya kasus kekerasan di sekolah. Jadi worit deh buat kita sebagai orang tua. Worit takut anak jadi korban kekerasan dan juga waswas anak jadi pelaku kekerasannya. Iya banget deh, setiap sudut sekolah wajib ada CCTV. BIar aman dan bisa mudah nelusuri kalo ada apa-apa.

    BalasHapus
  30. sepakat nih, area tersebut merupakan area yang kerap dijadikan sebagai tempat persembunyian, kecuali gerbang sekolah ya. Sehingga harus diawasi agar jika ada tindakan kekerasan yang terjadi dapat segera diketahui

    BalasHapus
  31. waahh penting banget nih CCTV di area sekolah. makin marak kekerasan di area dalam dan luar sekolah, sehingga perlu pengawasan ekstra dari pihak sekolah

    BalasHapus
  32. benerr mba penting ada CCTV ini. dan yang nggak kalah penting juga CCTV harus berfungsi dengan baik.. dalam banyak kasus, pas mau dicek malah gabisa huhu ini aku pernah pengalaman juga pas tinggal di kosan.

    BalasHapus