03 Agustus 2024

Melejitkan Potensi Diri untuk Berkarir di Dunia Digital

 

potensi di dunia digital marketing

Sudah jadi bloger nih, pengin ngapain lagi ya?? Pernah nggak sih terlintas pertanyaan itu di benak teman-teman yang saat ini menggeluti dunia blogging? Selamanya mau jadi bloger, atau pengin switch karir di bidang yang lain gitu.

Dinamika kehidupan di dunia digital memang tidak pernah lepas dari yang namanya perkembangan teknologi. Berbagai macam peluang kerja tercipta dengan makin banyaknya orang yang melek teknologi. 


Persaingan Kerja Bagi Bloger

Persaingan di dunia digital pun tak terelakkan. Jika dulu ngeblog hanya sebatas menjadi ajang untuk mencurahkan perasaan, saat ini blog yang kita miliki telah mampu mengantarkan kita pada berbagai kesempatan yang dulu tak pernah kita bayangkan.

Bagi yang sudah mulai ngeblog di awal era 2000an, dulu apa ngebayangin kalau blog yang kita isi tulisan ini mampu menjadi ladang pundi-pundi. Dari berbagi curhatan, hingga akhirnya punya kontribusi dengan menyampaikan berbagai informasi menarik bagi pembaca blog kita. 

peluang kerja untuk blogger

Keajaiban tulisan yang kita sampaikan itu bisa memberikan dampak pada orang lain. Bahkan kemudian dampaknya meningkat saat blog kita dilirik oleh berbagai jenama yang ingin produk atau jasanya diulas di dalam blog.

Dulu mana pernah ngebayangin seperti ini kan? *yang GenX mana sini bergabung 

Dinamika ngeblog pun meningkat menuju persaingan posisi di mesin pencarian. Mau tak mau, seorang bloger dituntut untuk memiliki kemampuan lain di dunia digital yang bisa melejitkan tulisannya menjadi yang teratas di mesin pencarian.

Maka kemudian penguasaan teknik SEO (Search Engine Optimization) menjadi hal yang mutlak untuk dipelajari dan dikuasai oleh para bloger. Teknik SEO yang paling sederhana sekalipun harus dimiliki agar tidak tertinggal langkah terlalu jauh dari bloger lainnya yang sudah lebih dulu menempatkan tulisannya di posisi atas di halaman depan mesin pencarian.

Bukan hal yang mudah ternyata yaaa menjadi bloger. Tak sekadar memiliki kemampuan menulis saja. Jika sudah piawai dalam hal blogging, apa lagi sih yang bisa dilakukan agar makin sukses berkecimpung di dunia digital?


Unlock Your Potential : Mengulik Potensi Karir di Dunia Digital 

Tadinya sudah merasa makin berat aja nih harus bersaing dengan bloger muda. Manalah mereka lebih pintar, lebih kreatif, dan semangat belajar hal-hal barunya masih to the max

Namun kalau dipikir-pikir, jika kita membandingkan antara pekerjaan mainstream kantoran gitu dengan peluang di dunia digital, rasanya kok eman-eman yaaa jika rasa pesimis itu kita pelihara. Usia boleh membubung, tapi semangat kan ga boleh kendor, ya gak siiiyy...

karir di dunia digital

Alhamdulillah, minggu lalu melalui salah satu kelas online yang diselenggarakan oleh BRT Network, terpantik kembali semangat agar terus mengembangkan kemampuan di dunia digital. Banyak banget ternyata peluang berkarir secara profesional dalam bisnis digital.

Narasumber yang hadir  adalah Putri SB, yang dulu memulai karirnya sebagai seorang bloger. Saat ini Putri berprofesi sebagai manager SEO di salah satu perusahaan multinasional di Jakarta.

Sesuai dengan pengalaman kerjanya, Putri memberikan informasi beberapa bidang yang bisa ditekuni di dunia digital. 

karir di dunia digital

Saat menjadi seorang bloger, Putri tidak berpuas diri dengan kemampuan menulis saja. Dia rajin menimba ilmu tentang SEO dan mempraktekkannya langsung. Tak heran jika kemudian Putri bisa beralih ke profesi digital lainnya sebagai SEO Content Writer. 

"Opportunity is like sunshine, it’s available to everyone. But what you do with it is up to you."


Menurutnya, kesempatan mengembangkan diri di dunia digital sangat terbentang luas. Ibaratnya seperti sinar matahari yang berlimpah ruah bagi semua orang. Tinggal bagaimana kita mau apa dengan kesempatan yang terbentang luas itu. Mau belajar dan memanfaatkannya, atau membiarkan kesempatan itu berlalu begitu saja.

Aaah... jadi berasa tertampar deh. Jadi sadar diri bahwa saat ini masih banyak sekali ketertinggalan ilmu yang harus dikejar. Selama ini taunya jadi bloger ya nulis tinggal nulis, plus belajar tentang SEO sedikit-sedikit. Kurang maksimal deh kalau menurutku.

Menuntut ilmu memang tidak pernah berhenti. Seperti yang dilakukan Putri SB, setelah menguasai berbagai hal tentang SEO, karirnya di dunia digital melesat. Bahkan bisa mencapai posisi sebagai SEO manager seperti sekarang. 


Kemampuan Mengembangkan Potensi di Dunia Digital

Butuh konsistensi dalam menekuni berbagai hal ketika kita memutuskan untuk bekerja, dalam bidang apapun, tak terkecuali bekerja di dunia digital. Perkembangan teknologi tak pernah berhenti, kita harus bisa terus beradaptasi dengan perubahan tersebut.

Menurut Putri SB, kemampuan tadi disebut dengan Live Elevating Skill yang meliputi 6 hal:

  1. Fast learner
  2. Management skill
  3. Never give up
  4. Self control
  5. Networking
  6. Adaptability

Jika tak ingin tertinggal oleh yang lain, kita harus bisa belajar dengan cepat untuk menguasai berbagai kemampuan yang mendukung pekerjaan. Jangan mudah menyerah ketika menghadapi aneka kesulitan.

Yang tak kalah penting juga adalah kemampuan berjejaring atau networking. Ketika berada di mana saja, usahakan untuk berkenalan dengan banyak orang. Bukankah banyak teman banyak rejeki gitu kan yaaa... Hal ini berlaku juga di dunia digital loh.

Salut banget dengan prinsip yang diterapkan oleh Putri SB dalam mengembangkan karirnya selama ini. Dia tak pernah lelah menempa diri dengan terus belajar dan menetapkan tujuan hidupnya.

kebiasaan baik dalam menunjang karir

Yang terutama adalah FOKUS pada target yang telah ditetapkan dan disiplin dalam menjalankannya. Maksimalkan diri untuk mencapai target tersebut dengan tidak menyia-nyiakan setiap kesempatan yang ada. Hindari kebiasaan membuat alasan pada diri sendiri ketika menghadapi kesulitan, misal : duh aku bisanya cuma gini. Atau, aahh bisa dikerjakan besok-besok aja deehh... 

Yes, setuju banget dengan prinsip-prinsip di atas. Semoga teman-teman yang membaca artikel ini juga memiliki tekad dan disiplin yang kuat dalam meningkatkan kemampuan diri. 

Setelah membaca artikel ini, ada gambaran kah pengin switch karir dari bloger jadi apa gitu?

45 komentar:

  1. web developer banyak banget dicari orang dan bisa WFA, jadi pengen juga :D

    BalasHapus
  2. Saat mulai ngeblog dulu, tujuan utama saya cuma curhat. Terus lama-lama tau kalau blog bisa menghasilkan, mulai deh jadi belajar ini itu. Kadang cepak juga buat ngikutin, tapi emang kita nggak boleh berpuas diri ya. Kalau mau jadi expert di bidangnya harus benar-benar mau belajar hal baru dan melampaui garis batas.

    BalasHapus
  3. Kalau saya justru merasa mulai bosan jadi blogger. Maksudnya menulis sih semangat, hanya penghasilan nya itu sekarang kok tidak sebanding dengan harga domain ya? Hehe...
    Sepi job bikin saya ngurusin blog tidak menggairahkan lagi gitu deh
    Harus ganti profesi kali ya tapi yg basicnya tetap banyak menulis dan daring

    BalasHapus
  4. Menjadi Blogger adalah profesi impian buat saya karena waktunya fleksible, bisa remote dan cuannya gak main-main. Dari Blogger ini pula bisa merambah ke profesi digital lain asal kita mau mengasah diri dan upgrade skill, jadi digital marketing misalnya, atau socmed spesialis yang cukup menjanjikan dan ruang lungkupnya lebih luas..

    BalasHapus
  5. Sampai sekarang masih nyaman jadi blogger sih Mbak. Walaupun banyak sebenernya peluang karier di dunia digital lainnya.
    Udah belajar siiih ttg SEO. Tapi belum pe-de jadi SEO specialist...

    BalasHapus
  6. Dulu nggak kebayang kalau ternyata jadi blogger tuh bisa menghasilkan uang loh, mbak.
    Karena memang awalnya cuma pengen nulis dan curhat-curhat aja gitu.
    Ternyata setelah diseriusin malah bisa jadi lahan buat nambah cuan. Dan sebenernya belum kepikiran buat beralih tapi setelah baca ini dan mengingat persaingan di dunia website, sepertinya perlu nih menerapkan apa yang dilakukam sama Mbak Putri juga. Upgrade kemampuan diri lagi ah

    BalasHapus
  7. Alasan pembenaran terhadap diri sendiri nih yang masih sering hinggap pada diri saya mbak. Ntar aja deh nulisnya. Ntar aja belajarnya, jadinya ya ntar ntar terus.

    Konsisten belajar, pastinya akan menuai hasil yang baik, seperti yang telah dilakukan dan diraih mbak Putri SB ini

    BalasHapus
  8. Menarik banget ilmunya, sayangnya aku sampai sekarang masih susah untuk benar-benar disiplin menulis dan belajar skill baru, ada aja alasan buat menunda, huhuuu.

    BalasHapus
  9. Saya akan ingatkan soal fokus pada target yang telah ditetapkan dan disiplin dalam menjalankannya, lalu memaksimalkan diri untuk mencapai target tersebut dengan tidak menyia-nyiakan setiap kesempatan yang ada.

    Meski susah, menghindari kebiasaan membuat alasan pada diri sendiri ketika menghadapi kesulitan memang harus dijalani dengan disiplin ya supaya beneran kita gak keteteran dalam melakukan pekerjaan

    BalasHapus
  10. berkarier di dunia digital itu banyak keuntungannya ya mbun. memberikan kesempatan ke semua umur dan pendidikan. udah gitu lebih luwes untuk dikerjakan para emak-emak yang juga mengurus keluarga

    BalasHapus
  11. Kerasa banget dari jaman jadi blogger cuma buat berbagi cerita hingga akhirnya jadi cuan. Tapi memang kita nggak boleh mandek ya mba Uniek, kudu mau upgrade potensi yang lain dan terus belajar biar bisa mengikuti zaman.

    BalasHapus
  12. Saya baru menekuni dunia blogging sekitar tiga tahun, jadi belum terpikir untuk switch karier. Saya masih ingin mempelajari seluk-beluk blog, masih banyak yang belum saya ketahui dan pahami.

    BalasHapus
  13. Dari blogger jadi SEO manager, aku kok nggak kepikiran ya? Tau gt dulu aku lebih rajin ngulik SEO. Mbak, aku request dong bikin kelanjutan artikelnya ttg profesi2 lain yang bs berangkat dr blogger. Soalnya aku pengen switch tapi blm ada pandangan profesi yang gmn

    BalasHapus
  14. Tentang potensi di dunia digital, sebenarnya blogging masih menjanjikan ngga sih mba? Aku merasa berlahan tapi pasti tergeser konten video media sosial. Yah, walau kalau aku pribadi blogging tak tergantikan karena emang seneng nulis panjang, hehehe...

    BalasHapus
  15. hahahah rasanya kok jleb banget pas baca "stop making excuse" emanglah saya ni kebanyakan alasan jadinya ngga produktif deh. adaa aja gitu yg dijadiin alasan wkwkwk

    BalasHapus
  16. Yang membuka kesempatan memang diri kita sendiri ya mbak pada akhirnya. Mau berkembang dan berjuang serta mencari peluang baru diiringi karakter yang disiplin bikin melaju terus gini

    BalasHapus
  17. Kesempatan luas ya kalau kita mau mengembangkan diri, tapi terkadang kitanya yang msh nyaman di zona nyaman kita, jadi merasa tertampar deh huhuhu

    BalasHapus
  18. Ah iya, kita harus terus semangat meningkatkan potensi diri ya
    Biar makin punya keahlian di era digital seperti ini

    BalasHapus
  19. Saya sudah mantap ingin terus jadi blogger , kalau bisa sampai meninggal. Memang ya mbak, ngeblog itu ga pernah ada kata berhenti untuk belajar. Termasuk ilmu SEO juga selalu berkembang

    BalasHapus
  20. wiih materinya mantep banget nih mba, sayang kemarin gak bisa ikut..dulu rasanya pengen switch career juga, tapi memang butuh ketekunan dan keluar dari zona nyaman..salut sama orang-orang yg bisa tahan banting

    BalasHapus
  21. keren banget ya putri dan sharingnya kemarin, mbak. aku juga ikutan acaranya dan memang benar sih untuk bisa sukses dalam bidang apapun kita harus memiliki mental seperti yang dijelaskan putri

    BalasHapus
  22. Duh switch karir jadi apa ya..hm sepertinya masih setia jadi bloger aja karena ini passion ku.. hehe. Setuju, usia boleh membubung, tapi semangat terus bersambung! Noted, reminder ini, untuk fokus pada target yang diharapkan!

    BalasHapus
  23. aku setuju sih mba, memang harus banget upgrade diri dengan menambah ilmu melalui webinar, seminar ataupun training ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar kak Aie memang harus terus upgrade diri sebagai blogger, karena perkembangan dunia blogging juga cepat berubah ya

      Hapus
  24. Jadi blogger, tanpa kita sadari sebenarnya belajar terus tiap hari. Karena makin dipelajari makin banyak yang perlu digali, salah satunya SEO yang terus berkembang, sehingga memang perlu kitanya itu upgrade diri

    BalasHapus
  25. Kuncinya fokus, disiplin dan tidak menyia-nyiakan kesempatan.
    MashaAlla..iya banget yaa..kudu terus konsisten dan gigih saat belajar apalagi di dunia digital.
    Haturnuhun resumenya, ka Uniek.

    BalasHapus
  26. jadi tertampar aku, Mbak. udah lama aku nggak belajar tentang blogging. aku banyak ketinggalan ilmu SEO nih. padahal kalau nggak belajar, ya ketinggalan jauh.

    BalasHapus
  27. Awalnya sempat minder juga Mbak, jadi blogger tantangannya banyak. Sekarang sih keinginannya nggak muluk-muluk, bisa rajin nulis aja dulu. Semoga lainnya bisa mengikuti, dipelajari sambil jalan.

    BalasHapus
  28. sampai sekarang belum paham banget soal SEO gimana menulis cuma beberapa pragraf tapi bisa diranking 1 halaman google.

    BalasHapus
  29. Sepertinya diantara 6 yang dilakukan Putri SB cuma manajemen yang saya kurang
    Soalnya masih sering tertunda sesuatu
    Bahkan terhalang tanpa solusi
    Jadinya malas memulai kembali

    BalasHapus
  30. Bener banget, Mba.. Skrg pekerjaan di dunia digital itu banyak sekali peluangnya asal kita mau mencarinya. Bahkan bayarannya pun bisa buat kita hidup beberapa bulan jika dibanding dengan kerja offline.

    BalasHapus
  31. jadi sebenarnya peluang tuh ada dimana aja ya mba, asal kitanya jeli melihat peluang dan mau belajar ya, semua bisa jadi lahan cuan

    BalasHapus
  32. Aku ngeblog dari tahun 2009 gak pernah kepikiran sama sekali bisa jadi sumber penghasilan. Alhamdulillah banget memang dunia digital ini, asal kita konsisten, pasti bisa sih cari cuan dari dunia digital. dan juga jangan lupa untuk upgrade skill ya mba. bisa ikutan webinar atau kelas online biar makin nambah wawasan kita.

    BalasHapus
  33. Era digital harus digunakan sebaik baiknya, apalagi blogger yang bergelut di dunia digital harus terus melejitkan potensi diri ya.. dan yang terutama adalah FOKUS pada target diri serta disiplin ya.. kerjain saat ini juga jangan nanti nanti

    BalasHapus
  34. Keren banget kak Putri SB yang switch karir ke manager SEO, inspirasi banget bagi yang punya keleluasaan waktu untuk lebih mempelajari dunia blogging.
    Saya tim yang masih setia menulis di blog yang rajin lagi, secara manajemen waktu utk upgrade ilmunya keteteran mulu dgn kegiatan sebagai emak2.

    BalasHapus
  35. Masih dalam dunia kepenulisan sih mbak, switch karir yg ingin dicapai untuk saat ini masih jadi penulis buku. Walau penghasilannya mungkin tak seberapa hehehe

    BalasHapus
  36. Kalau saya ngeblog awalnya karena tugas sekolah pas masih SMK, Mbak. Dan nggak pernah nyangka kalau bisa dapat penghasilan tambahan dari ngeblog, dapat teman-teman yang baik karena sama-sama suka nulis di blog, dan dapat ilmu seputar ngeblog. Kadang saya tuh pengen nyoba jadi content writer tapi sampai sekarang belum pernah kucoba.

    BalasHapus
  37. Kalau saya ngeblog awalnya karena tugas sekolah pas masih SMK, Mbak. Dan nggak pernah nyangka kalau bisa dapat penghasilan tambahan dari ngeblog, dapat teman-teman yang baik karena sama-sama suka nulis di blog, dan dapat ilmu seputar ngeblog. Kadang saya tuh pengen nyoba jadi content writer tapi sampai sekarang belum pernah kucoba.

    BalasHapus
  38. Belum terpikirkan sama sekali mau swicth ke profesi lain Mba, waktunya sama sekali nggak atau belum memungkinkan, selain jadi blogger.
    Itupun masih berjuang banget biar balik on track seperti jadwal harian yang sudah disusun.
    Ngurus anak sendiri itu terpaksa harus mengorbankan banyak impian, setidaknya sementara.
    Pengen fokus, eh udah waktunya antar anak, jemput anak, masak, nyuci dll, wakakakakak.
    Dari semua yang dibeberkan Mba Putri keknya bagian manajemen waktu yang masih harus diperdalam.
    Bukan nggak bisa, tapi emang waktunya sedikit banget, wkwkwkw

    BalasHapus
  39. Waduhh,, tertohok dengan kata kata ini deh, Mbak
    "Umur boleh membumbung, tapi semangat nggak boleh kendor,"
    Tapi nyata demikian, sih
    Sejauh ini masih belum terpikirkan untuk switch karir dari dunia blogger, tapi jika masih se-linier, why not?

    BalasHapus
  40. Ka Putri kasih suntikan semangat banget yaah..
    Karena kini kita berada di dunia digital, jadi jangan ragu untuk terus belajar dan mengembangkan kemampuan agar bisa merambah dunia yang lebih luas.

    BalasHapus
  41. Iya yaaa, sekarang dunia digital tu banyak banget kesempatan yang bisa mendatangkan cuan, hihihi, seneng banget kenal sama dunia digital kaya gini, ngerasa lebih mudah dan lebih happy ngejalanninnya hehehehe

    BalasHapus
  42. Iya banget, dunia digital ini memang membuka banyak sekali peluang cuan. Dan pas untuk para ibu rumah tangga kayak aku. Biar bisa tetep di rumah ngurus keluarga, tapinya masih bisa ngasilin duit. Kuncinya telaten dan mau upgrade ilmu. Ayok cari cuan. :D

    BalasHapus
  43. Poin2 nya bener banget. Di kerjaan manapun, sebenernya 6 point di atas dari fast learner sampai adaptability hrs diterapkan di bidang usaha apapun. Apalagi dengan perkembangan zaman yg semakin cepat dan digital, mau ga mau kan blogger sekalipun hrs adapt dan banyak belajar. Ditambah pula blogger yg memang cari duit dari blog. Kalo nulis begitu aja, tanpa tahu penerapan seo, bakal susah sih utk berkembang.

    Networking di mana2 juga sama. Dengan kenapa banyak orang, maka kesempatan pun bakal terbuka lebih lebar.

    BalasHapus
  44. Peluang berkarier di dunia digital itu lumayan banyak banget ya mba 🤩
    Semakin memudahkan orang-orang kreatif buat berkarya tanpa terbatas lokasi tinggal. Alias bisa kerja dari mana aja dan kapan aja.
    Nah, memang kalau mau masuk dunia digital harus mampu beradaptasi, kemampuan belajar yang cepat serta mampu melihat peluang dan tren. Menantang dan seru buat dijalankan.

    Selain itu, tidak dipungkiri juga sebagai mahluk sosial kita butuh banget networking yang oke supaya kesempatan sukses dan bertumbuh semakin terbuka lebar. Makasih sudah bikin artikel yang sangat daging.

    BalasHapus