19 Oktober 2024

Atasi Masalah Kulit Kering dan Kusam dengan Xtracare

xtracare ionic system skincare

Halo jelita, apa kabarmu? Ah elaaah.. Mentang-mentang diriku ini sudah masuk usia jelita (jelang lima puluh tahun), pede amat ya menyapa teman yang lain dengan panggilan jelita hehehee... Nyari temen loh ini maksudnya.

Well, usia jelita tuh adaaaa aja deh permasalahan kulit yang dihadapi. Ini juga yang jadi keluhanku hampir tiap saat. Kulit kok makin mudah menjadi kering dan kusam dari hari ke hari. Mengapa ini terjadi?


Pengaruh Kualitas Udara pada Kesehatan Kulit

Polusi udara yang saat ini terjadi punya andil besar terhadap munculnya berbagai permasalahan serius di muka bumi ini. Kualitas kesehatan masyarakat pun mulai menurun, terutama yang tinggal di kota-kota besar.

Tak sedikit pemberitaan yang mengabarkan tingginya tingkat polusi yang dimiliki oleh kota besar seperti Jakarta. Berdasarkan laporan terbaru Kualitas Udara Dunia IQAir 2023, Indonesia berada pada peringkat ke-7 negara dengan tingkat polusi udara tertinggi di dunia. Sedihnyaaa.... hiks.

Jakarta memiliki beberapa SPKU (Stasiun Pemantau Kualitas Udara) untuk mengukur kadar polusi di sekitar area tersebut. Umumnya SPKU berada di tempat-tempat publik seperti pinggir jalan raya dan kawasan industri. Data dari SPKU dapat dilihat pada portal Kualitas Udara Jakarta. 


Polutan Berbahaya

Adanya berbagai polutan di sekitar kita membuat udara jadi tercemar, contohnya PM2,5 (Particulate Matter 2,5). PM 2,5 adalah partikulat atau partikel halus di udara dengan ukuran 2,5 mikron atau kurang. Jika terhirup manusia, partikel yang 30 kali lebih kecil dari lebar sehelai rambut manusia ini dapat menyebabkan masalah pada mata dan saluran pernapasan. (sumber: smartcity.jakarta.go.id)

Jika dibandingkan dengan rekomendasi dari WHO tentang ambang sehat, PM2,5 tadi konsentrasinya 16,8 kali lipat melebihi ambang yang telah ditetapkan untuk predikat "tidak sehat". Waduuuhh... parah banget yaa.. Polusi udara ini bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk kesehatan kulit.


gangguan kesehatan kulit akibat polusi udara

Gangguan Kesehatan Kulit

Ada beberapa gangguan kesehatan kulit yang bisa timbul akibat polusi udara, yaitu:

  1. Peradangan dan iritasi kulit: jerawat dan eksim bisa muncul akibat polusi udara
  2. Pigmentasi : akibat polusi bisa saja muncul  hiperpigmentasi atau peningkatan produksi melanin, sehingga akan timbul bintik hitam atau bercak gelap pada kulit
  3. Penuaan dini dan kerusakan kulit: polusi udara yang berlebihan akan meningkatkan risiko terjadinya penuaan dini dan kerusakan kulit.

Polutan seperti partikel halus yang disebut sebagai PM2.5 tadi, plus polutan oksidatif dapat merusak kolagen dan elastisitas kulit. Akibatnya akan muncul keriput, garis halus dan tingkat kekencangan kulit mulai menurun drastis. 

Coba deh kita bandingkan dengan situasi alam pegunungan dan pantai yang masih bersih. Ketika kita menikmati hawa pegunungan dan pantai, tiupan angin sepoi-sepoi yang sejuk dan bersih, maka tubuh dan jiwa akan terasa segar dan penuh semangat kembali.

Udara yang ada di lingkungan merupakan partikel gas bermuatan listrik, baik berupa ion negatif dan positif. Namun, ion negatif lah yang sering digunakan untuk membantu kesehatan tubuh. 


Ion Negatif 

Ion negatif dibentuk oleh alam melalui kerja sama antara air, udara, sinar matahari, dan radiasi bumi. Ion negatif paling banyak ditemukan pada berbagai tempat alami, terutama di daerah yang berdekatan dengan air yang bergerak (sungai, laut, air terjun).

Yuk kita lihat perbandingan konsentrasi ion negatif yang ada pada beberapa tempat di bawah ini:


konsentrasi ion negatif

Angka-angka di atas diambil dari Asian Medical Journal, yang mengkategorikan jumlah ion negatif dalam udara (per 1 cc udara) adalah sebagai-berikut : 

  • 1.000 – 2.000: baik untuk kesehatan. 
  • 5.000 – 50.000: meningkatkan kesehatan dan kekebalan tubuh. 
  • 100.000 – 500.000: membantu tubuh dalam penyembuhan sendiri
    (sumber: doktersehat.com)

Dari kandungan konsentrasi ion negatif tadi, ternyata untuk masyarakat yang tinggal di perkotaan cukup rawan juga yaaa... Kita yang tinggal di kota hanya memperoleh sedikit ion negatif dari lingkungan sekitar.

Duh duuuh... gimana nih nasib kulit kita kalau gitu ya? Penginnya tetap punya kulit yang sehat dan terawat. Adakah cara terbaik untuk menemukan solusinya?


Memilih Skincare dengan Ionic System

Tinggal di kota besar bikin kita terpapar dengan berbagai polutan. Oleh karena itu, perlindungan terhadap kulit perlu diupayakan.

Secara umum, masyarakat semakin sadar bahwa polusi dan perubahan iklim dapat mempengaruhi kecantikan dan penampilan. Salah satu ikhtiar untuk menjaga kesehatan kulit dilakukan melalui penggunakan produk perawatan kulit (skincare).

Masyarakat Indonesia terhadap skincare terbilang cukup tinggi, terutama terhadap produk serta prosedur perawatan kulit berbasis teknologi asal Korea. Lihat aja tuh artis-artis Korea yang kulitnya halus, mulus dan kinclong. Mereka menjadi panutan atas kualitas kulit sehat yang paripurna. 

Salah seorang dokter spesialis kulit dan kelamin,  dr. Stanley Setiawan, Sp.DVE., FINSDV, FAADV menuturkan seputar inovasi teknologi Korea dalam pembuatan skincare. Inovasi teknologi Korea yang mampu menjawab kebutuhan kulit adalah Ion Balancing Minerals

Perlu diketahui bahwa sebenarnya skin barrier di kulit manusia bisa melakukan self-healing ketika diberi perlakuan yang tepat. Melalui inovasi inilah diciptakan teknologi Ion Balancing Minerals. 

Ion Balancing Minerals merupakan teknologi pertama di dunia yang berhasil menggunakan ion dari mineral alam kalsium dan magnesium dalam formulasi skincare yang stabil. Ion sendiri adalah molekul bermuatan listrik yang terdapat di alam, termasuk dalam sel tubuh kita. 

Ketidakseimbangan ion dalam sel tubuh dapat menyebabkan berbagai permasalahan seperti meningkatnya radikal bebas hingga peradangan. Dengan kadar ion yang seimbang, kalsium dan magnesium akan membantu sel kulit untuk self-healing dan memperkuat skin barrier, mengunci kelembaban, dan melindungi kulit dari bakteri penyebab infeksi dan jerawat.

Tak berhenti sampai di situ saja, teknologi tadi juga dikombinasikan dengan Intercellular Lamellar Emulsion. Melalui formulasi dengan konsentrasi ceramide, kolesterol, dan asam lemak yang sangat spesifik dan menyerupai struktur kulit manusia, sel kulit akan terangsang untuk membentuk kolagen dan memperbaiki jaringan yang rusak ataupun mengalami penuaan.

Kalau begitu, dimana kah kita bisa mendapatkan skincare dengan kandungan mineral yang seimbang ini?


Xtracare, Ionic Skincare System Pertama di Dunia

Ternyata penantianku akan skincare yang bisa mengembalikan kondisi kulitku yang terpapar polusi ini akhirnya menemukan titik terangnya. Pada bulan Maret 2024 yang lalu, Interbat Aesthetic meluncurkan rangkaian produk pertamanya di bawah brand Xtracare sebagai Ionic Skincare System pertama di dunia yang memadukan teknologi Ion Balancing Minerals dengan Intercellular Lamellar Emulsion.


rangkaian produk xtracare

Xtracare adalah rangkaian produk skincare pertama dari Interbat Aesthetic yang sudah teruji klinis dan mampu memperbaiki skin barrier dan mengembalikan fungsi kulit yang rusak. Rangkaian produk skincare ini diproduksi menggunakan teknologi yang sangat mutakhir, mengolah bahan-bahan aktifnya yang diekstraksi dari tumbuh-tumbuhan serta mineral alam, sehingga aman bahkan untuk kulit yang rentan dan sensitif.

Untuk kulitku yang sangat kering dan cenderung kusam ini ada 2 rangkaian skincare yang bisa digunakan untuk memperbaiki kondisinya. Xtracare terdiri dari 2 rangkaian formula yaitu XTRABARRIER™ dan XTRAWHITE

Masing-masing formula memiliki rangkaian produk yang lengkap seperti cleanser, booster, serum, dan lainnya. Produk Xtracare adalah satu-satunya skincare di dunia yang mengandung kalsium dan magnesium dengan kualitas dan efektifitasnya yang sudah teruji secara klinis sehingga aman dan nyaman. 

Saat ini untuk mengatasi kondisi kulitku, produk yang disarankan adalah rangkaian produk dengan XTRABARRIER™ Formula. Seri ini terdiri dari cleanser, booster, essence, lotion dan cream.


skincare xtracare seri xtrabarrier

Untuk mendapatkan rangkaian produk Xtracare ini, teman-teman bisa konsultasi terlebih dahulu dengan dokter di klinik-klinik dermatologi sesuai tempat tinggal. Silakan cek langsung di https://xtracare.id/ yaaa... 


Rangkaian Produk dengan XTRABARRIER™ Formula untuk Kulitku

Alhamdulillah nih punya kesempatan untuk melakukan perawatan menggunakan rangkaian skincare dengani XTRABARRIER™ Formula dari Xtracare. Tepat sekali waktunya, saat kulit lagi berasa kering dan tampak kusam banget, produk ini dikirim oleh Xtracare.

Ada 3 produk yang kucoba dari rangkaian XTRABARRIER™ Formula, yaitu Ionic Gentle Cleanser, Ionic Rejuvenating Essence dan Ionic Hydrating Lotion. 

Ikuti yuuk pengalamanku selama menggunakan ketiga produk ini.


XtracareⓇ Ionic Rejuvenating Essence dengan XTRABARRIER™ Formula

Saat pertama kali membuka kemasan Ionic Rejuvenating Essence ini, langsung deh sukaaa banget. Bentuknya tuh beda banget dengan kemasan essence pada umumnya.

Sempat bingung bagaimana cara mengeluarkan produknya. Aaah... ternyata tinggal tekan bagian ujung kemasan yang berwarna biru. Selama si biru ini tidak ditekan, maka cairan essence tidak akan keluar. 

Rupanya kemasan essence ini memang dirancang secara inovatif sehingga tidak memiliki risiko produk tercemar atau terkontaminasi udara atau paparan matahari. Kemasan berbentuk seperti ini menjamin keamanan produk dan kebersihannya.

Ionic Rejuvenating Essence ini merupakan produk unggulan pertama dari Xtracare. kandungannya efektif menyegarkan kulit, mengembalikan kesehatan kulit dari dalam serta merangsang produksi kolagen untuk memperbaiki tekstur kulit.

 

xtracare rangkaian xtrabarrier

Produk unggulan pertama adalah Xtracare Ionic Rejuvenating Essence, yang dikemas dalam wadah inovatif sehingga tidak memiliki risiko produk tercemar atau terkontaminasi udara atau paparan matahari, sehingga keamanan produk dan kebersihannya pun terjamin. 


xtracare ionic rejuvenating essence

Kemasannya berbentuk tube dengan isi 25g / 0.88 oz. Saat bagian ujung warna biru ditekan, maka akan keluar essence dengan tekstur cair dan bening. Saat dioleskan 

Xtracare Ionic Rejuvenating Essence adalah essence bertekstur ringan, transparan dan cepat menyerap di kulit untuk menjaga kelembapan dan kekenyalan kulit. Diformulasikan menggunakan teknologi XTRABARRIER yang dipatenkan dengan kombinasi Ion Balancing Minerals, Hyaluronic Acid dan Madecassoside yang bekerja menguatkan lapisan kulit dan membuat kulit terlihat lebih halus, lembut dan sehat.


Key ingredients:

Portulaca Extract, Blueberry Extract, Chamomile Extract, Madecassoside, Jeju Centella Asiatica Extract, Brown Seaweed Extract


Cara pakai:

Setelah membersihkan wajah dengan Xtracare Ionic Gentle Cleanser, oleskan essence ini pada wajah dan leher dengan gerakan melingkar. Oleskan dengan menggunakan tangan atau langsung dari tip kemasan.



XtracareⓇ Ionic Gentle Cleanser dengan XTRABARRIER™ Formula


Sebelum menggunakan essence, akan lebih maksimal lagi jika membersihkan wajah terlebih dahulu dengan Xtracare Ionic Gentle Cleanser.


Xtracare ionic gentle cleanser


Xtracare Ionic Gentle Cleanser adalah pembersih wajah yang sangat lembut, ideal untuk kulit kering dan rapuh.

Pembersih ini efektif untuk menghilangkan minyak, membersihkan kotoran dan makeup di wajah tanpa menyebabkan kulit kering atau kehilangan minyak alaminya.


Key ingredient:

Chamomile Extract, Jeju Centella Asiatica Extract, Heartleaf Extract, Rose Geranium Extract, Hyaluronic Acid, Soapbark Extract


Tekstur:

Xtracare Ionic Gentle Cleanser memiliki tekstur agak padat berwarna putih. Saat dikeluarkan di telapak tangan tidak tercium aroma yang menyengat. Bagi yang sensitif dengan bebauan, aman banget menggunakan pembersih yang satu ini.


Cara pakai:

Tuangkan secukupnya pada telapak tangan dan usapkan pada wajah yang basah dengan gerakan memutar perlahan. 

Ionic Gentle Cleanser ini bukan tipe yang berbusa, rasanya ringan sekali di wajah. 

Bilas sampai bersih setelah itu. Gunakan pada pagi dan malam hari.



XtracareⓇ Ionic Hydrating Lotion dengan XTRABARRIER™ Formula

Produk unggulan kedua setelah essence adalah Xtracare Hydrating Lotion dengan formula yang ringan, menyerap dengan cepat, namun bisa menjaga kelembaban kulit hingga 8 jam sejak pemakaian. Ideal untuk kulit yang halus, kering ataupun stress.

Xtracare Ionic Hydrating otion adalah body lotion bertekstur ringan dan mudah diserap sehingga kulit terasa lebih lembut dan lembap. Diformulasikan menggunakan teknologi Xtrabarrier yang dipatenkan, seperti kedua produk di atas tadi.

Tekstur:

Lotion dari Xtracare ini memiliki tekstur yang sangat ringan, bahkan ketika baru aja hendak dituang ke kulit sudah langsung beleber kemana-mana. Harus perlahan-lahan yaaa untuk mengaplikasikannya.

Dikemas dalam tube plastik berwarna putih susu dengan tutup model flip yang sangat mudah untuk dibuka dengan sentilan jari.

Sukaaa banget dengan aromanya yang lembut. Apalagi begitu dioleskan ke kulit, hmmm adeeemm rasanya. Tak perlu lama-lama, lotionnya sudah langsung terserap sempurna ke dalam kulitku.

Key Ingredient:

Terdiri dari kombinasi Ion Balancing Mineral, Vegan Ceramides, Jeju Centella Asiatica Extract dan Madecassoside untuk perlindungan dan hidrasi kulit yang lebih tahan lama.

Cara pakai:

Oleskan ke seluruh tubuh setlah mandi. Pijat dengan lembut hingga menyerap. Boleh digunakan sesuai kebutuhan atau sesuai petunjuk dokter.

Setelah 2 minggu pemakaian lotion ini, kulitku terasa jauh lebih lembap dibandingkan sebelumnya. Bagian tangan dan kaki yang biasanya kering kerontang, kini sudah jauh lebih kenyal. Enggak 'mbesisik' lagi kalau orang Jawa bilang.


Bagaimana Cara Mendapatkan Rangkaian Produk Xtracare?

Selama ini diriku membeli produk-produk skincare melalui drugstore offline atau official store di e-commerce. Kadang hanya menebak-nebak saja skincare apa yang tepat untuk diriku.

Sebaiknya memang konsultasikan ke ahlinya yaaa agar mendapatkan saran terbaik yang sesuai dengan kondisi kulit kita.

Nah, bagi yang ingin melakukan perawatan intensif untuk kulit kering dan kusam sepertiku, boleh deh untuk kontak langsung ke sini ya:

Klinik dr Theresia

Nama dokter: dr Theresia 

IG klinik: @klinik_dr_theressia @theressdr

Gmaps: https://maps.app.goo.gl/6qCj36jpZKCGWjtb6



Tidak ada komentar:

Posting Komentar